Pengaruh Biblio Konseling Dengan Teknik Cinematherapy Terhadap Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Di SMPN 2 Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5258Abstract
Tujuan penenlitian ini untuk mengetahui pengaruh biblio konseling dengan teknik cinematheraphy dalam meningkatkan resiliensi diri siswa, resileinsi diri yang harus dimiliki seseorang. Siswa yang memiliki reseliensi diri yang positif, akan mampu menghadapi berbagai macam masalah, serta ketahanan diri dalam pemecahan masalah di bidang sosial akan lebih baik. Dalam hal ini bimbingan dan konseling memberikan ataumenyediakan layanan yang menunjang perkembangan individual siswa, pada teknik bibliotherapy, individu diarahkan untuk mampu membaca bahan bacaan yang terseleksi, terencana, dan terarah sebagai suatu prosedur treatment dalamkonseling, karena diyakini bahwa membaca dapat mempengaruhi sikap, perasaan, dan perilaku individu sesuai dengan hasil yang diharapkan. Informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan membaca menjadi masukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan Pre-Exsperimental design dengan tipe “One Groups Pretest Posttest Design”, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Hasil penelitian menyatakan bahwa biblio terapi konseling adalah dukungan psikoterapi melalui bahan bacaan untuk membantu seseorang yang mengalami permasalahan personal. Metode terapi ini sangat dianjurkan, terutama bagi para penderita yang sulit menggungkapkan permasalahannya secara verbal, terapi yang pertama kali ini (biblio-therapy) dikenalkan oleh para ahli kesehatan Inggris, dan terutama digunakan untuk menyembuhkan penderita stres, depresi, dan kegelisahan.Downloads
Published
2022-07-07
How to Cite
Lestari, . E. P., Irman, I., Bustaman, R. ., Masril, M., & Nelisma, Y. . (2022). Pengaruh Biblio Konseling Dengan Teknik Cinematherapy Terhadap Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Di SMPN 2 Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 583–589. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5258
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eka Puji Lestari, Irman Irman, Risman Bustaman, Masril Masril, Yuliana Nelisma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).