Pengaruh Penggunaan Program CABRI 3D Dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Nurul Ulya Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abdul Aziz Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Loviga Denny Pratama Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5249

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh program Cabri 3D dengan pendekatan konstruktivisme terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas VIII MTs Pandean. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan populasi kelas VIIIA, VIIIB dan VIIIC dan jumlah sampel sebanyak 54 siswa yaitu kelas VIIIB dan VIIIC yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan adalah instrument tes pilihan ganda dan isntrumen angket. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan pretest dan posttest yang kemudian dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 22. Hasil pada penelitian ini menunjukka nilai siig > 0,05 yang dapat menunjukka bahwa  ditolak dan  diterima yang berarti menunjukka bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan Cabri 3D dengan pendekatan kosntruktivisme terhadap pemahaman konsep dan minat belajar.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Ulya, N., Aziz, A. ., & Pratama, L. D. . (2022). Pengaruh Penggunaan Program CABRI 3D Dengan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 413–417. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5249