Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar : Studi Kepustakaan

Authors

  • Sabarrudin Sabarrudin UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Silvianetri Silvianetri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yuliana Nelisma UIN Ar-raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5240

Abstract

Dalam mengembangkan potensi diri tidak terlepas dari hambatan. Hambatan yang terjadi tidak hanya dari luar diri tetapi ada yang berasal dari diri individu. Adapun faktor penghambat mengembangkan potensi dalam diri salah satunya adalah rasa kepercayaan diri. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa adanya rasa percaya diri yang rendah dalam belajar pada diri siswa maupun mahasiswa. Dengan hal tersebut perlu adanya perlakuan untuk mengoptimalkan rasa percaya diri pada diri siswa maupun mahasiswa salah satunya melalui penerapan konseling kolompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa studi kepustakaan. Hasil kajian pustaka berdasarkan jurnal yang dikaji secara  mendalam mengemukakan tentang tiga poin yaitu 1) tingkat rasa percaya diri dalam belajar; 2) sasaran penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar; 3) keberhasilan penerapan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Sabarrudin, S., Silvianetri, . S., & Nelisma, Y. . (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar : Studi Kepustakaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 435–441. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5240

Most read articles by the same author(s)