Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ani Rosidah Universitas Majalengka
  • Dini Pebrianti Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media big book di SD Negeri Cimanggu III Kabupaten Majalengka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Cimanggu III sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes kemampuan membaca permulaan, instrumen penelitian yang digunakan secara kualitatif yaitu lembar observasi dan kuantitatif yaitu soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa nilai tes rata-rata pada pratindakan 57,7 pada siklus I menjadi 74,9 pada siklus II meningkat menjadi 82,7. Hasil persentase KKM pada pratindakan dari 47% pada siklus I menjadi 76,5%, pada siklus II meningkat menjadi 88,2%. Hasil observasi juga mengalami peningkatan baik aktivitas guru maupun siswa, aktivitas guru dan siswa pada siklus I 78,1% dan 75%, meningkat pada siklus II menjadi 95,8% dan 89,2%. Hasil analisis data tersebut bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa setelah digunakannya media big book.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Rosidah, A. ., & Pebrianti, D. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2105–2111. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5037