Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10734Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan melalui tahapan tahapan seperti : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV SDN Heuleut dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa dari 55, 17% pada siklus I meningkat menjadi 89,65% pada siklus II. Berdasarkan hasil tes evaluasi siswa pada siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada materi KPK dan FPB mampu meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-12-28
How to Cite
Rosidah, A. ., & Zulkarnain, Z. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13186–13192. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10734
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ani Rosidah, Zulkarnain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).