Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Ani Rosidah Universitas Majalengka
  • Zulkarnain Zulkarnain Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10734

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan melalui tahapan tahapan seperti : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV SDN Heuleut dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa dari 55, 17% pada siklus I meningkat menjadi 89,65% pada siklus II. Berdasarkan hasil tes evaluasi siswa pada siklus II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada materi KPK dan FPB mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Rosidah, A. ., & Zulkarnain, Z. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13186–13192. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10734