Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Niki Yulianti Universitas Negeri Padang
  • Nadiah Sya’idah Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Farida Mayar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4974

Abstract

Penerapan pembelajaran seni tari merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk membentuk mental siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 10 Sasai Kandang Kecamatan Malalak Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini  merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kumpulan data  didapatkan berdasarkan hasil observasi di kelas III serta pemberian angket dan catatan selama berada dilapangan. Dengan mengenalkan dan memberikan pemahaman  serta penerapan tentang pembelajaran seni tari tradisional kepada siswa,  dapat memupuk dan membentuk sikap mental siswa tersebut, karena masing-masing tarian ini memiliki makna dan arti tersendiri. Dari makna  tari yang tersirat inilah akan mempengaruhi bagaimana siswa bersikap, bertindak, dan berperilaku termasuk didalamnya membentuk sikap mental siswa tersebut. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan pembelajaran seni tari tradisional  dapat membentuk sikap mental siswa kelas III SD N 10 sasai Kandang.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Yulianti , N. ., Sya’idah, N. ., Desyandri, D., & Mayar, F. . (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1877–1882. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4974

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2