Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Sastra Anak (Cerita Rakyat Riau)

Authors

  • Dwi Viora Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Endang Wahyuningsi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
  • Yenni Fitra Surya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4657

Abstract

Cerita rakyat merupakan buah pikiran warisan leluhur bangsa yang mengandung bermacam-macam pesan. Begitu pula dengan cerita rakyat Riau yang memiliki ciri melayu, tentu juga memiliki pesan atau nilai-nilai pendidikan yang akan diwariskan pada generasi penerus bangsa. Nilai-nilai pendidikan karakter ini nantinya dapat diterapkan oleh masyarakat Riau khususnya, dan masyarakat daerah lain umumnya agar terbentuk karakter yang baik. Penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif ini digunakan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Riau dan nilai-nilai yang dominan dalam cerita tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam bentuk teks dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian dengan triangulasi sebagai teknik pengabsahan data. Berdasarkan hasil analisis nilai-nilai karakter cerita rakyat Riau, yaitu nilai religius, jujur, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab dapat disimpulkan bahwa nilai karakter yang dominan adalah nilai kerja keras.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Viora, D. ., Wahyuningsi, E. ., Surya, Y. F., & Marta, R. . (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Teks Sastra Anak (Cerita Rakyat Riau). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1058–1066. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4657