Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode Survey, Question, Read, Recite Review (SQ3R) Di Sekolah Dasar

Authors

  • Yuyun Yuyun Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenni Fitra Surya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1143

Keywords:

Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Batam Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota, terdiri dari 26 peserta didik terdapat 14 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman sedangkan lembar observasi bertujuan mengamati aktivitas peserta didik dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan nilai ketuntasan klasikal. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siklus I pertemuan I 66,92 dan 30,76%, siklus I pertemuan II nilai rata-rata 74,03 dengan persentase ketuntasan klasikal 46,15% meningkat pada siklus II pertemuan I dengan rata-rata nilai 79,80 dengan pesentase ketuntasan klasikal 73,07% dan meningkat lagi menjadi 92,50 dengan persentase 92,30% siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN 001 Batam Kota.

References

Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Haryadi, NS. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Untuk Menentukan Gagasan Utama dengan Metode P2R dengan Teknik Diskusi pada kelas V Madrasah Ibtidayah Tarbiyatul Atihfal Wedung Demak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5(2), 24-29.

Nglimun & Noor Alfulaiala.(2014). Pembelajran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Nugraheni, A.A dan Yunianta, T. (2018). Penerapan Metode SQ3R untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jakarta : Genta Mulia

Pebriana, P.H (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Vol 7 (Hal : 95)

Razak, Abdul. (2015). Membaca Pemahaman Teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: Ababil Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta

Surya. Y.F (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 02 (Hal : 157)

Widianto, E dan Subyantoro. (2015). Pendidikan Bahasa dan Sastra. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Yuyun, Y., Surya, Y. F., & Mufarizuddin, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode Survey, Question, Read, Recite Review (SQ3R) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 168–173. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1143

Issue

Section

Articles