Pengaruh Teknik Focuc Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa melalui Bimbingan Kelompok di SMPN 23 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4614Abstract
Komunikasi Interpersonal ialah penyampaian pesan dari individu kepada individu atau kelompok dengan berbagai dampak yang ditimbulkan untuk memberikan umpan balik secara langsung. Dampak dari rendahnya komunikasi interpersonal siswa akan berpengaruh terhadap masa depan siswa dalam kehidupan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari teknik focus group discussion (FGD) melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 23 Pekanbaru yang memiliki komunikasi interpersonal dalam kategori rendah. Alat pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket komunikasi interpersonal yang setelahnya dianalisis pretest dan posttest menggunakan uji wilcoxon dan uji spearman rank dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perubahan komunikasi interpersonal siswa yang signifikan setelah diberikan teknik focus group discussion melalui bimbingan kelompok dengan nilai uji wilcoxon menunjukkan Asymp Sig (2-tailed) sebesar (0,012) < ? (0,05). Sedangkan untuk uji spearman rank menunjukkan pengaruh sebesar 37% hanya saja tidak berpengaruh secara signifikan, hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat mengakibatkan nilai uji tidak signifikan.Downloads
Published
2022-06-08
How to Cite
Nadila, A., Saam, Z. ., & Donal, D. (2022). Pengaruh Teknik Focuc Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa melalui Bimbingan Kelompok di SMPN 23 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 880–885. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4614
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anna Nadila, Zulfan Saam, Donal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).