Pengaruh Teknik Focuc Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa melalui Bimbingan Kelompok di SMPN 23 Pekanbaru

Authors

  • Anna Nadila Universitas Riau
  • Zulfan Saam Universitas Riau
  • Donal Donal Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4614

Abstract

Komunikasi Interpersonal ialah penyampaian pesan dari individu kepada individu atau kelompok dengan berbagai dampak yang ditimbulkan untuk memberikan umpan balik secara langsung. Dampak dari rendahnya komunikasi interpersonal siswa akan berpengaruh terhadap masa depan siswa dalam kehidupan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari teknik focus group discussion (FGD) melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 23 Pekanbaru yang memiliki komunikasi interpersonal dalam kategori rendah. Alat pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket komunikasi interpersonal yang setelahnya dianalisis pretest dan posttest menggunakan uji wilcoxon dan uji spearman rank dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perubahan komunikasi interpersonal siswa yang signifikan setelah diberikan teknik focus group discussion melalui bimbingan kelompok dengan nilai uji wilcoxon menunjukkan Asymp Sig (2-tailed) sebesar (0,012) < ? (0,05). Sedangkan untuk uji spearman rank menunjukkan pengaruh sebesar 37% hanya saja tidak berpengaruh secara signifikan, hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat mengakibatkan nilai uji tidak signifikan.

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Nadila, A., Saam, Z. ., & Donal, D. (2022). Pengaruh Teknik Focuc Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa melalui Bimbingan Kelompok di SMPN 23 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 880–885. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4614