Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru

Authors

  • Ridho Oktafryadi Universitas Riau
  • Raja Arlizon Universitas Riau
  • Donal Donal Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12332

Abstract

Resiliensi merupakan kualitas pribadi yang memungkinkan individu untuk bangkit ketika menghadapi kesulitan. Salah satu hambatan yang terjadi pada siswa adalah pembelajaran tatap muka (PTM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM). Jenis Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan mentode survey. Sampel penelitian berjumlah 106 ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert .Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM) berada di kategori tinggi. Dari ke-lima aspek resiliensi aspek yang memiliki persentase tinggi adalah aspek kepercayaan diri, penerimaan positif, kontrol diri, spritual, dan kompetensi pribadi yang berada pada kategori sedang. Hasil penelitian yang telah dilakukan dilihat dari jenis kelamin siswa laki-laki memiliki nilai rendah dibandingkan siswa perempuan dalam aspek kompetensi pribadi.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Oktafryadi, R. ., Arlizon, R. ., & Donal, D. (2023). Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5943–5950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12332