Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12332Abstract
Resiliensi merupakan kualitas pribadi yang memungkinkan individu untuk bangkit ketika menghadapi kesulitan. Salah satu hambatan yang terjadi pada siswa adalah pembelajaran tatap muka (PTM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM). Jenis Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan mentode survey. Sampel penelitian berjumlah 106 ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert .Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa resiliensi siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM) berada di kategori tinggi. Dari ke-lima aspek resiliensi aspek yang memiliki persentase tinggi adalah aspek kepercayaan diri, penerimaan positif, kontrol diri, spritual, dan kompetensi pribadi yang berada pada kategori sedang. Hasil penelitian yang telah dilakukan dilihat dari jenis kelamin siswa laki-laki memiliki nilai rendah dibandingkan siswa perempuan dalam aspek kompetensi pribadi.Downloads
Published
2023-02-14
How to Cite
Oktafryadi, R. ., Arlizon, R. ., & Donal, D. (2023). Resiliensi Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Di SMP Negeri 25 Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5943–5950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12332
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ridho Oktafryadi, Raja Arlizon, Donal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).