Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV

Authors

  • Dea Rizka Amalia Universitas Jambi
  • Faizal Chan Universitas Jambi
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 40/I Bajubang Laut pada  semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kesulitan yang dialami siswa pada pembelajaran matemaika di kelas IV sekolah dasar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan kesulitan apa saja yang dialami siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai kesulitan siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika meliputi: 1) kesulitan memahami konsep, 2) Kesulitan siswa kurang hafal perkalian. 3) kesulitan dalam membedakan simbol-simbol operasi hitung. Faktor eksternal Kesulitan Belajar terdiri dari : 1) Orang tua dan keluarga, kurangnya perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar anak di rumah, dan kurangnya pengetahuan orang tua. 2) Faktor sekolah meliputi, pendekatan guru terhadap siswa yang kurang terjalin, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik.

Author Biographies

Faizal Chan, Universitas Jambi

Dosen PGSD Universitas Jambi

Muhammad Sholeh, Universitas Jambi

Dosen PGSD Universitas Jambi

Downloads

Published

2022-06-11

How to Cite

Amalia, D. R. ., Chan, F., & Sholeh, M. . (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 945–957. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4549