Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078 /I Teluk Ketapang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4679Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan bertujuan untuk mengetahui penggunaan media konkret untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN.078/I Teluk Ketapang pada Januari 2022. Data penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran, wawancara guru, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media konkret pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklsus I pertemuan pertama sebanyak 48.85%, siklus I pertemuan kedua 67.5% dengan peningkatan sebanyak 18.65%. Pada siklus II pertemuan pertama 76.92% dengan peningkatan 9.42% dan pertemuan kedua sebanyak 83.08% mengalami peningkatan sebanyak 6.16%. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan proses pembelajaran dikelas, sehingga keaktifan belajar dikelas juga ikut meningkat, guru disarankan agar dapat menggunkana media pembelajaran dalam proses pembelajaran berlangsung, agar siswa dapat tertarik dan minat dalam mengikuti proses pembelajan.Downloads
Published
2022-06-13
How to Cite
Dwisa, . S. O. M. ., Maryono, M., & sholeh, M. . (2022). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078 /I Teluk Ketapang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1036–1045. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4679
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Suci Okta Mela Dwisa, Maryono, Muhammad sholeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).