Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengelolaan Emosional Anak Dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4013Abstract
Pendidikan karakter memiliki peran penting pada zaman saat ini dalam membangun akhlak yang baik untuk setiap individu. Terutama pada umat islam akhlak adalah hal yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan. Pentingnya pendidikan karakter pula menjadi suatu jembatan untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak untuk mengendalikan dan mengelola emosi anak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai bagaimana pengaruh pendidikan karakter terhadap emosional anak, serta mengukur seberapa besar pengaruh dari pendidikan karakter tersebut dalam menangani emosional anak-anak. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei untuk mengetahui serta mengukur pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah partisipan sebanyak 43 responden Pengukuran validasi informasi peneliti melalui pengisian kuesioner. Penelitian menunjukan adanya pengaruh antara pendidikan karakter dengan emosional pada anak. Hasil informasi data yang menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah bisa membantu anak dalam mengetahui dan mengelola emosinya. Dalam islam pun diajarkan untuk setiap umat islam dapat mengendalikan emosi dan mengelola emosi dengan baik akan menjadikan akhlak yang baik. Untuk itu, Pendidikan karakter merupakan penting dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak.Downloads
Published
2022-04-04
How to Cite
Muzdalifah, Afifah Nur Amatullah Qomariyah, Galuh Destiani, Nabila Nurhaliza Suhendra, & Hisny Fajrussalam. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengelolaan Emosional Anak Dalam Islam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 229–235. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4013
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muzdalifah, Afifah Nur Amatullah Qomariyah , Galuh Destiani , Nabila Nurhaliza Suhendra , Hisny Fajrussalam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).