Pengembangan E-Lks Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 193 Pekanbaru

Authors

  • Diana Lestari Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3921

Abstract

Bahan ajar merupakan bentuk teks, informasi dan alat yang dipakai saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKS, mengetahui nilai melalui enam validator. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan model 4D yang disederhakan mejadi tiga tahap, yaitu define, design, develop. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket yang diberikan kepada validator materi, validator desain dan validator bahasa untuk menilai kemenarikan dan isi di E-LKS. Jenis data yang didapatkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar, data kuantitatif berupa jumlah (angka) dari enam validator untuk menentukan hasil produk. Penelitian ini menghasilkan E-LKS melalui pendekatan discovery learning dapat dipakai untuk SD sebagai bahan ajar yang sudah memenuhi krikteria sangat baik, skor rata-rata validasi pertama: skor materi 85,83%, skor bahasa 83,33% dan skor desain 81,82%. Dilakukan validasi kedua: skor materi 91,66%, skor bahasa 95,55% dan skor desain 91,82%.  Sehingga memperoleh jumlah validasi bahan ajar E-LKS dengan nilai rata-rata 87,75%. Bahan ajar E-LKS melalui pendekatan discovery learning sudah layak digunakan untuk proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Diana Lestari, & Febrina Dafit. (2022). Pengembangan E-Lks Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 98–104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3921

Most read articles by the same author(s)