Pengembangan E-Lks Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 193 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3921Abstract
Bahan ajar merupakan bentuk teks, informasi dan alat yang dipakai saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKS, mengetahui nilai melalui enam validator. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan model 4D yang disederhakan mejadi tiga tahap, yaitu define, design, develop. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket yang diberikan kepada validator materi, validator desain dan validator bahasa untuk menilai kemenarikan dan isi di E-LKS. Jenis data yang didapatkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar, data kuantitatif berupa jumlah (angka) dari enam validator untuk menentukan hasil produk. Penelitian ini menghasilkan E-LKS melalui pendekatan discovery learning dapat dipakai untuk SD sebagai bahan ajar yang sudah memenuhi krikteria sangat baik, skor rata-rata validasi pertama: skor materi 85,83%, skor bahasa 83,33% dan skor desain 81,82%. Dilakukan validasi kedua: skor materi 91,66%, skor bahasa 95,55% dan skor desain 91,82%. Sehingga memperoleh jumlah validasi bahan ajar E-LKS dengan nilai rata-rata 87,75%. Bahan ajar E-LKS melalui pendekatan discovery learning sudah layak digunakan untuk proses pembelajaranDownloads
Published
2022-03-16
How to Cite
Diana Lestari, & Febrina Dafit. (2022). Pengembangan E-Lks Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 98–104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3921
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diana Lestari, Febrina Dafit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).