Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca

Authors

  • Andryan Vania Amanda Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Febria Indah Lestari Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Ranisha Dian Insani Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3334

Abstract

Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca Keterampilan berbahasa khususnya membaca merupakan suatu keterampilan yang perlu dikembangkan karena membaca merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pemahaman tentang sesuatu. Membaca semakin penting dalam kehidupan masyarakat, karena setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca dan kemampuan membaca merupakan tuntutan realitas kehidupan sehari-hari manusia. Pembelajaran integratif berdiferensiasi dikembangkan berdasarkan pendekatan pembelajaran integratif dan pendekatan diferensiasi. Pembelajaran integratif secara dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran baik dalam hal materi, kecakapan hidup, maupun konteks dunia nyata. Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca adalah ancangan (kebijakan) pembelajaran bahasa dengan menyajikan materi pelajaran secara terpadu yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan ajar sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah. Metode integratif dapat juga diartikan sebagai penyatuan dari berbagai aspek kedalam suatu keutuhan. Dalam pengajaran bahasa, konsep Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca mengacu pada pengertian materi bahasa secara utuh.

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Andryan Vania Amanda, Febria Indah Lestari, Ranisha Dian Insani, & Febrina Dafit. (2022). Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 53–58. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3334