Multiliterasi Penerapan Menulis

Authors

  • Adriansyah Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Beta Salsabilla Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Nurhaliza Putri Sabila Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3335

Abstract

Proses pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, atau sesuai dengan tuntutan pada abad sekarang ini. Multiliterasi merupakan paradigma baru dalam pembelajaran literasi. Pembelajaran literasi berimplikasi pada munculnya konsep multiliterasi. Konsep multiliterasi muncul karena manusia tidak hanya membaca atau menulis, namun mereka membaca dan menulis dengan genre tertentu yang melibatkan tujuan sosial, kultural, dan politik yang menjadi tuntutan era globalisasi, maka hal ini menjadi dasar lahirnya multiliterasi dalam dunia pendidikan. Penerapan pembelajaran literasi menulis diartikan sebagai sebuah proses yang ditujukan agar mampu mengembangkan serangkaian aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan dalam rangka menghasilkan sebuah tulisan yang berilmu melalui proses menulis yang berkelanjutan di bawah bimbingan, arahan serta motivasi guru. Pembelajaran menulis haruslah menekankan proses menulis yang sesungguhnya sehingga pembelajaran menulis tidak hanya sekadar menekankan pada produk menulis. Pembelajaran menulis pun harus dilakukan guru dengan mengaitkannya dengan keterampilan berbahasa yang lain khususnya membaca. Tulisan yang dibuat siswa haruslah tulisan otentik yang bermakna dan bermanfaat bagi siswa.

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Adriansyah, Beta Salsabilla, Nurhaliza Putri Sabila, & Febrina Dafit. (2022). Multiliterasi Penerapan Menulis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 59–65. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3335