Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gelombang

Authors

  • Mula Sigiro Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Cristian Santo Manalu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Erni Kusrini Sitinjak Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gelombang Di Kelas VIII SMP Santa Maria Aekraja. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,125 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 39,17. Sebelum diuji dengan uji t, dilakukan uji prasyarat yang menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji t diperoleh thitung = 0,51 < ttabel = 1,667 pada taraf signifikan 0,05. Ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan awal siswa. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 69,3 sedangkan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 63,3. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,22 > ttabel =1,667 pada taraf signifikan ? = 0.05. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y = 4,3710 + 0,8795X. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi gelombang di kelas VIII semester genap SMP Santa Maria Aekraja TP 2019/2020. Dimana besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 20,9%.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Sigiro, . M. ., Pardede, H. ., Manalu, C. S. ., & Sitinjak, E. K. . (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gelombang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 201–205. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20823

Issue

Section

Articles