Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Siswi Kelas VIII Di Sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan

Authors

  • Shinta Uly Monalisa Sihombing Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sarma Panggabean Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19163

Abstract

Model pembelajaran complete sentence adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam  menulis teks berita karena menuntut siswa untuk mengaitkan  informasi yang satu dengan yang lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran  complete sentence terhadap kemampuan siswa menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menguji data nilai siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model complete sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita siswa hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa pada  kelas eksperimen  lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 70,2 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 45,06. Kata Kunci: model complete sentence, teks berita, kemampuan menulis.  

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Sihombing , S. U. M., Sitohang , T. ., & Panggabean , S. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Siswi Kelas VIII Di Sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(5), 62–69. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.19163