Analisis Kebutuhan Layanan Bimbingan dan Konseling di Tk Islam Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dan TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14918Abstract
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui layanan Bimbingan dan Konseling dalam dunia pendidikan termasuk pendidikan anak usia Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan layanan Bimbingan dan Konseling di TK Islam Masjid Raya Lantai Batu dan TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dari sisi pendekatannya adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Sumber data penelitian ini adalah Kepala sekolah, orang tua murid dan guru di TK Islam Masjid Raya Lantai Batu dan TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitiann menunjukkan bahwa kondisi siswa masih banyak yang belum memenuhi target penilaian minimal atau yang dilambangkan dengan MB (Mulai Berkembang). Sedangkan target penilaian yang ingin dicapai adalah BSB (Berkembang Sangat Baik). Dari kondisi tersebut maka terindikasi bahwa TK Islam Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dan TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum membutuhkan layanan bimbingan dan konseling sesuai dengan bidang permasalahan yang dialami.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Khailani, F. ., Masril, M., & Dasril, D. (2023). Analisis Kebutuhan Layanan Bimbingan dan Konseling di Tk Islam Masjid Raya Lantai Batu Batusangkar dan TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5846–5858. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14918
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fitriani Khailani, Masril, Dasril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).