Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Grabfood Dan Rekomendasinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMP

Authors

  • Qurotul Aini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oding Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Suntoko Suntoko Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14472

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan latar belakang permasalahan kalimat yang dihasilkan pada iklan grabfood pada youtube grab Indonesia sebagai penemuan baru untuk menuangkan ide dalam membuat teks iklan. Keterkairan antara penggunaan kata dalam kalimat yang terdapat dalam iklan grabfood membuat diksi dan gaya bahasa sebagai teknik penyusunan karangan agar memperoleh cerita yang indah dan selaras dalam iklan. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan diksi dalam video iklan grabfood pada youtube grab Indonesia. (2) Mendeskripsikan gaya bahasa dalam video iklan grabfood pada youtube grab Indonesia. (3) Mendeskripsikan rekomendasi hasil analisis video iklan grabfood pada youtube grab Indonesia dalam penyusunan bahan ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan teori gorys keraf  untuk meneliti diksi dan gaya bahasa, Teori kasali dan redra widyata untuk meneliti iklan. Prastowo untuk bahan ajar. Metode yang dilakukan pada penelitan ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan iklan grabfood. Terdapat tiga objek penulisan, yaitu diksi, diksi yang dianalisis yaitu diksi  berdasarkan makna dan diksi berdasarkan pilihan kata, Gaya yang dianalisis terdapat 4 macam, yaitu gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa berdasarkan nada, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna. struktur iklan terdapat judul, tubuh iklan dan amplikasi. Hasil total temuan 65 diksi dan 104 gaya bahasa yang bervariatif dalam 13 iklan grabfood di youtube grab Indonesia edisi bulan Agustus 2021- Agustus 2022.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Aini, Q. ., Supriadi, O. ., & Suntoko, S. (2023). Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Iklan Grabfood Dan Rekomendasinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5496–5510. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14472