Nilai Moral Pada Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati Yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi Karya Eka Kurniawan Serta Rekomendasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sekolah (Tinjauan Pendekatan Moral)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9227Abstract
Penelitian ini dibuat dengan latar belakang permasalahan moral banyak ditemukan di Era globalisasi terutama media online yang saat ini banyak diakses oleh anak-anak hingga orang dewasa adalah Tiktok. Hal tersebut mengakibatkan moral yang tercipta merupakan moral yang ada dalam media sosial tiktok. Atas perkembangan tersebut anak lebih sering menonton video-video yang terdapat dalam aplikasi tiktok tanpa terkontrol dari pada membaca buku. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan unsur intrinsik dalam kumpulan cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan. (2) Mendeskripsikan nilai moral dengan mengacu moral baik, moral keadilan dan moral terhadap diri sendiri dalam kumpulan cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan. (3) Merelevansikan hasil penelitian sebagai bahan rekomendasi berbentuk handout yang dapat digunakan di pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA/SMK. Hasil analisis penelitian ini berupa tujuh unsur intrinsik yaitu tema, alur atau plot, tokoh dan penokohan, latar atau setting, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Penelitian ini juga menghasilkan tiga nilai moral yaitu moral baik, moral keadilan dan moral terhadap diri sendiri. Hasil analisis tersebut kemudian diolah dan dibentuk menjadi handout sebagai rekomendasi bahan ajar bagi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMA/SMK sederajat yang dimuat dalam materi pembelajaran “Unsur Pembangun Cerpen” pada KD 3.9 dan KD 4.9.Downloads
Published
2022-11-22
How to Cite
Alika, A. C. N. ., Suntoko, S., & Nurhasanah, E. . (2022). Nilai Moral Pada Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati Yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi Karya Eka Kurniawan Serta Rekomendasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sekolah (Tinjauan Pendekatan Moral). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5887–5893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9227
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Annisa Chintiya Nur Alika, Suntoko, Een Nurhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).