Efektivitas Media Ilustrasi Musik Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6184Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media ilustrasi musik dalam pembelajarn menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan desain atau rancangan eksprimen yang digunakan dalam peneltian ini berupa Randommixed Control-Group Pas Tes Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksprimen. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berbentuk uraian. Dari hasil analisis data, hasil perhitungan uji t terbukti bahwa hasil perhitungan diperoleh harga t hitung sebesar 3,3776 yang ternyata lebih besar dari harga t tabel pada taraf signifikan 5% pada dk=60 yaitu sebesar 3,1776 dan 1, 666, maka hipotesis Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media ilustrasi musik efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata pada kelas eksprimen yaitu 77,0968 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 72,5161. Pada akhir analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menulis karangan deskripsi dengan media ilustrasi musik efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri Watampone Kabupaten Bone.Downloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Safar, M. (2022). Efektivitas Media Ilustrasi Musik Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4495–4506. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6184
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muh.Safar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).