Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Konsumerisme Merchaindise K-Pop Dikalangan Mahasiswa Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14115Abstract
Budaya yang sangat populer saat ini di kalangan banyak orang adalah budaya Korea. Penyebaran budaya Korea ke seluruh dunia dikenal dengan nama Korean wave atau Hallyu. Budaya populer adalah contoh khas dari perkembangan budaya di era globalisasi. Kehadiran Korean wave di Indonesia merupakan fenomena menarik yang patut dikaji. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk memahami sejauh mana konsumerisme memengaruhi penggemar Korean wave. Metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan wawancara indeks interview. Data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data dan informasi melalui jurnal dan melakukan wawancara dengan beberapa informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menjadi penggemar Korean wave dipengaruhi oleh media sosial dan lingkungan seperti teman dan keluarga, dan menjadi penggemar Korean wave salah satunya K-Pop memiliki implikasi terhadap ekonomi dan budaya. Berdasarkan hasil analisis setiap dampak tersebut ditemukan kecenderungan mengarah pada perilaku konsumerisme.Downloads
Published
2023-04-16
How to Cite
Fitriah, . N. L. ., Islam, M. H., & Diharjo, R. F. (2023). Dampak Korean Wave Terhadap Perilaku Konsumerisme Merchaindise K-Pop Dikalangan Mahasiswa Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4427–4434. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14115
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Lailatul Fitriah, Muhammad Hifdil Islam, Roby Firmandil Diharjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).