Pengaruh Motivasi Belajar Dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah UINSU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14060Abstract
Peradaban kehidupan yang semakin meningkat, menuntut sumber daya manusia yang berkualitas, berkompeten, dan mapan, serta mampu bersaing. Proses pembelajaran di sekolah sebagai usaha dalam meningkatkan sumber daya manusia, terjadi interaksi dan komunikasi dua arah, antara mahasiswa dan dosen dalam mencapai suatu tujuan, dosen bertugas mengajar dan mahasiswa menerima pembelajaran. Menulis sebagai kemampuan berbahasa sangat penting bagi segala bidang kehidupan manusia. Menulis membantu seseorang untuk berpikir dengan mudah dan menuangkan segala ide, gagasan, pemikiran, dan perasaan yang ada dalam pikirannya dalam bentuk tulisan. Dalman (2015:3) menyatakan bahwa menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam tujuan, misalnya memberitahu, meyakinkan, atau menghibur. Kegiatan menulis menjadi sarana dalam kegiatan belajar bagi mahasiswa yang dapat dikembangkan dengan baik dan menghasilkan keterampilan yang sangat berguna bagi kehidupan mahasiswa, misalnya menjadi jurnalistik. Dengan adanya motivasi belajar pada peserta didik akan tumbuh dorongan untuk melakukan sesuatu dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan. Motivasi dapat menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri peserta didik. Motivasi belajar mahasiswa, baik dalam mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, dan mengikuti ujian, hal ini menjadi perhatian peneliti kepada mahasiswa khusus karena motivasi belajar mahasiswa akan memberi dampak baik kepada proses pembelajaran dalam perkuliahan. Untuk itu motivasi memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas mahasiswa yang baik, karena mahasiswa menjadikan motivasi sebagai salah satu faktor pendorong dalam peningkatan hasil belajar dan prestasi, sehingga produktivitas kerjanya untuk menyelesaikan tugas dan beban yang diberikan kepadanya akan menghasilkan hasil yang semaksimal mungkin guna kelancaran dan keberhasilannya dalam perkuliahan, sebab suatu individu akan mencapai suatu keberhasilan bila ditunjang oleh motivasi yang baik dalam penyelesaian tugas, mengikuti ujian dan hal–hal lain yang bersifat membangun demi kelancaran kegiatan keberhasilan perkuliahan.. Melihat kenyataan dan menyimpulkan pendapat yang ada, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Motivasi Belajar Dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Teks Berita Mengenai Olahraga Pada Mahasiswa Program studi Manajemen Dakwah Uinsu. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Hubungan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Kemampuan Berbicara pada mahasiswa program studi manajemen dakwah uinsu.Downloads
Published
2023-04-15
How to Cite
Effendy, E. ., Syahputra, A. S., & Syahfitri, N. . (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah UINSU. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4350–4355. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14060
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Erwan Effendy, Azwar Surya Syahputra, Natasya Syahfitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).