Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran IPS (Studi deskriptif pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah)

Authors

  • Zuraidah Zuraidah Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah
  • Sinta Novita Sari UINFAS Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.13836

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi penerapan nilai-nilai Islam pada proses pembelajaran IPS. Untuk menanamkan nilai-nilai Islam tersebut, sekolah merealisasikannya dalam proses pembelajaran. Penting untuk diteliti tentang bagaimana penerapan nilai-nilai Islam melalui proses pembelaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah , dimaksudkan agar diperoleh informasi yang relevan mengenai penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran IPS. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk program sekolah; (2) nilai-nilai Islam apa saja; (3) proses; (4) hasil dari penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kurikulum, guru IPS dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam bentuk reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran studi deskriptif pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah membuat para siswa memahami nilai-nilai Islam dan menerapkan nilai-nilai Islam di dalam kelas, sekolah, dan rumah.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Zuraidah, Z., & Sari , S. N. . (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran IPS (Studi deskriptif pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2699–2708. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.13836