Menjaga Keseimbangan Psikologi Anak Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi

Authors

  • Maylinda Dwi Astuti Universitas PGRI Madiun
  • Adzra Afifaf Mahmuda Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1328

Keywords:

Pembelajaran daring, Covid-19, Mengajar Matematika

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah penyebaran covid 19. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Sekolah Dasar. Subjek penelitian adalah mahasiswa siswa sekolah dasar kelas 2. Mengoptimalkan kualitas sekolah tergantung pemahaman untuk belajar-mengajar proses di dalam kelas maupun di luar kelas. Kualitas sekolah menunjukkan tinggi kapasitas dalam mengoptimalkan kemampuan siswa dalam mata kuliah tertentu seperti matematika. Pelajaran ini fokus pada observasi pengajaran proses pembelajaran matematika antara siswa kelas satu sekolah dasar. Peneliti melakukan wawancara terhadap wali murid tersebut agar dapat menjawab pertanyaan dengan nyaman dan mudah dipahami. Meningkatkan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring.

References

Bakry, N. M. (2001). Orientasi Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Liberty.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 152-159, Vol. 04 No.01, E-ISSN : 2549-7367.

Christian, M., & Wax, R. (2020, February). Practical recommendations for critical care and anesthesiology teams caring for novel coronavirus (2019-nCoV). Canadian Journal of Anaesthesia, pp. DOI: 10.1007/s12630-020-01591-x.

Cristy Pane, M. D. (2020, oktober 26). virus corona. Retrieved from alodokter: https://www.alodokter.com/virus-corona

Fatma Dewi, W. A. (2020). dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61, Volume 2 Nomor 1 Halm. 55-61.

Giang, T. L. (1997). Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty.

Syah Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol.7 no.5.

Wulandari, N. A. (2020, juli 03). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia. Retrieved from pustaka bergerak: https://pustakabergerak.id/artikel/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pelaksanaan-pendidikan-di-indonesia-2

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Astuti, M. D., Mahmuda, A. A., & Darmadi, D. (2021). Menjaga Keseimbangan Psikologi Anak Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 97–100. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1328

Issue

Section

Articles