Keefektifan Penggunaan Media Papan Pintar (PAPIN) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13152Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Papan Pintar (PAPIN) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental design dengan model one group pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini seluruh peserta didik kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.Sampel yang diambil semua peserta didik kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 15.191 dengan (dk) N-1= 26-1 dengan signifikan = 5% (0,05) di dapat t tabel = 2,060. Dikarenakan t hitung (15.191) > t tabel (2,060). Maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterim.Artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh gain 0,54 artinya peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Dengan kenaikan ketuntasan pretest dan posttest sebesar 32,31%, maka media Papan Pintar (PAPIN) efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.Downloads
Published
2023-03-22
How to Cite
Chasanah, . . A. ., Azizah, M. ., Nuroso, H., & Nugraha, Y. F. . (2023). Keefektifan Penggunaan Media Papan Pintar (PAPIN) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1584–1587. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13152
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Alfi Chasanah, Mira Azizah, Harto Nuroso, Yusuf Fuad Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).