Model Pembelajaran Cooperative Learning

Authors

  • Tabrani Tabrani Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko
  • Muhammad Amin Institut Agama Islam Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12581

Abstract

Model pembelajaran memiliki andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan menangkap pelajaran oleh siswa dapat dipengaruhi dari pemilihan model pembelajaran yang tepat, sehingga tujuan pembelajaran yang ditetapkan akan tercapai. Terdapat berbagai macam model pembelajaran  yang dapat dijadikan alternatif bagi  guru  untuk  menjadikan kegiatan  pembelajaran  di  kelas  berlangsung  efektif  dan  optimal. Oleh karenanya, guru perlu  menyusun  dan  melaksanakan  kegiatan belajar  mengajar  dimana siswa dapat   aktif  membangun   pengetahuann Sendiri. Sedangkan Keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh dua faktor yaitu. Faktor internal faktor yang berkaitan dengan diri siswa, diantaranya adalah kemampuan, minat, motivasi, keaktifan belajar dan  lain- lain. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar diri siswa, diantaranya adalah model pembelajaran. Maka model pembelajaran kooperatif learning ini mengutamakan kerjasama antar siswa untuk mencapai  tujuan pembelajaran, sehingga dapat mengubah peran guru, dari yang berpusat pada gurunya ke pengelolaan siswa dalam kelompok-kelompok kecil. dan yang lebih penting lagi, dapat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berdimensi sosial dan hubungan antar manusia.

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Tabrani, T., & Amin, M. . (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 200–213. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12581