Konsep Pendidikan Karakter Pada Kisah Nabi Syu’aib dan Kaum Madyan Dalam Qs. Al-A’raf Ayat 90-94
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12575Abstract
Pendidikan karakter diartikan sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan tuhannya, diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Konsep Pendidikan Karakter ini telah Allah parmanenkan di dalam Al- Qur’an dan sebagai Hudal linnas (Petunjuk atau Pedoman bagi Hamba nya), di antara nya ada pada kisah Nabi Syu’aib dan kaum Madyan dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf Ayat 90-94. Ayat tersebut mengajarkan kita tentang nilai-nilai karakter atau akhlaq dari Nabi Syuaib beliau mengajarkan sabar dalam mendakwahkan tauhid kepada kaumnya, mengajarkan kita bahwa menjadi manusia tidak boleh berbuat curang dan melakukan berbagai macam kerusakan dan kemaksiatan, menyerukan tentang solidaritas kemanusiaan, mengajak untuk tidak memisahkan antara aspek agama dan ekonomi. Karena keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Maka selain itu, hal yang substansif dari penafsiran ayat tersebut: yaitu membicarakan tentang perihal doktrin ekonomi nabi syu`aib dan kaum madyan. Dimana Ada dua doktrin dasar Nabi Syu`aib, berkait dengan konteks berekonomi: Pertama paradigma tauhid, dan keadilan social ekonomi.Downloads
Published
2023-03-07
How to Cite
Tabrani, T., Amin, M. ., & Maspan, M. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Pada Kisah Nabi Syu’aib dan Kaum Madyan Dalam Qs. Al-A’raf Ayat 90-94. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 194–199. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12575
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tabrani Tabrani, Muhammad Amin, Maspan Maspan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).