Konsep Pendidikan Karakter Pada Kisah Nabi Syu’aib dan Kaum Madyan Dalam Qs. Al-A’raf Ayat 90-94

Authors

  • Tabrani Tabrani Institut Agama-Islam Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko
  • Muhammad Amin Institut Agama-Islam Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko
  • Maspan Maspan Institut Agama-Islam Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12575

Abstract

Pendidikan karakter diartikan sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan tuhannya, diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Konsep Pendidikan Karakter ini telah Allah parmanenkan di dalam Al- Qur’an dan  sebagai Hudal linnas (Petunjuk atau Pedoman bagi Hamba nya), di antara nya ada pada kisah Nabi Syu’aib dan kaum Madyan dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf Ayat 90-94. Ayat tersebut mengajarkan kita tentang nilai-nilai karakter atau akhlaq dari Nabi Syuaib beliau mengajarkan sabar dalam mendakwahkan  tauhid   kepada   kaumnya,   mengajarkan   kita   bahwa   menjadi manusia tidak boleh berbuat curang dan melakukan berbagai macam kerusakan dan  kemaksiatan, menyerukan  tentang solidaritas kemanusiaan, mengajak  untuk tidak memisahkan antara aspek agama dan ekonomi. Karena keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Maka selain itu, hal yang substansif dari penafsiran ayat tersebut: yaitu membicarakan tentang perihal doktrin  ekonomi nabi syu`aib dan kaum  madyan. Dimana Ada dua doktrin dasar Nabi Syu`aib, berkait dengan konteks berekonomi: Pertama paradigma tauhid, dan keadilan social ekonomi.

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Tabrani, T., Amin, M. ., & Maspan, M. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Pada Kisah Nabi Syu’aib dan Kaum Madyan Dalam Qs. Al-A’raf Ayat 90-94. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 194–199. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12575