Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Peningkatan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia

Authors

  • Annisa Anastasia Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karina Cahyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yona Wahyuningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11544

Abstract

Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah aplikasi Tik Tok, dengan objek penelitian adalah penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar keragaman budaya Indonesia. Data dikumpulkan dengan di analisis dan kemudian disusun serta dikaitkan antara satu dengan yang lain sehingga akan diperoleh hasil dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Tik Tok dapat mudah di akses oleh peserta didik untuk memahami dalam materi keragaman budaya Indonesia, siswa menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik, dan juga adanya peningkatan rasa cinta tanah air dan budaya Indonesia sehingga peserta didik mampu untuk melestarikannya. Melalui penelitian ini, peneliti mendorong pendidik atau guru agar mampu berinovasi menggunakan kemudahan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Salsabila, A. A. ., Cahyani, K. ., Rustini, T. ., & Wahyuningsih, Y. . (2023). Pengaruh Penggunaan Tiktok terhadap Peningkatan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3415–3421. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11544

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>