Pengembangan Media Permainan (Monopoli) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11506Abstract
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang kreatif dimanapun dia berada dan juga apapun kondisi dimana dia bertugas. Dalam berbagai muatan yang diajarkan, tak terkecuali IPS, adalah salah satu muatan yang sangat penting dan berpengaruh di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran muatan IPS terkhusus di sekolah dasar menjadi hal yang perlu diperhatikan karena itu adalah modal peserta didik untuk hidup bersosial dengan masyarakat dan sekitarnya yang paling dasar. Pembelajaran IPS pun beragam materi dan juga beragam cara menyampaikan materi oleh pendidik. Maka dari itu monnopoli adalah salah satu media yang ditawarkan untuk membantu proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar tingkat Tinggi.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Adventyana, B. D. ., Sembiring, D. A. ., Rustini, T. ., & Wahyuningsih, Y. . (2023). Pengembangan Media Permainan (Monopoli) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3262–3266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11506
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Benedicta Dwi Adventyana, Dina Amaria Sembiring, Tin Rustini, Yona Wahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).