Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11539Abstract
David Paul Ausubel merupakan seorang ahli psikologi kognitif yang mengembangkan teori psikologi kognitif. Belajar bermakna yang dicetuskan oleh David Ausubel merupakan suau proses dikaitkannya informasi-informasi yang baru dengan konsep-konsep yang relevan dalam struktur kognitif seseorang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan teori belajar bermakna David Ausubel dalam pembelajaran pendidikan Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada pembelajaran matematika, konsep pembelajaran bermakna konsisten dengan pandangan konstruktivis dimana siswa dikatakan memahami jika mereka membangun makna dari pengalaman mereka dengan membuat koneksi kognitif antara pengalaman baru serta pemahaman matematika mereka sebelumnya, tidak sekadar menghafal rumus/dalil.Downloads
Published
2023-01-14
How to Cite
Darmayanti, N. ., Manurung, K. S. B. ., Hasibuan, H. ., Puspita, S. ., Ginting, M. F. S. ., & Harahap, M. A. . (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3388–3395. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11539
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nefi Darmayanti, Khairani Syam Br Manurung, Hasanah Hasibuan, Sholihah Puspita, M. Farhan Syahreza Ginting, Muhammad Aliyafi Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).