Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika

Authors

  • Nefi Darmayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairani Syam Br Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasanah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sholihah Puspita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Farhan Syahreza Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Aliyafi Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11539

Abstract

David Paul Ausubel merupakan seorang ahli psikologi kognitif yang mengembangkan teori psikologi kognitif. Belajar bermakna yang dicetuskan oleh David Ausubel merupakan suau proses dikaitkannya informasi-informasi yang baru dengan konsep-konsep yang relevan dalam struktur kognitif seseorang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan teori belajar bermakna David Ausubel dalam pembelajaran pendidikan Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada pembelajaran matematika, konsep pembelajaran bermakna konsisten dengan pandangan konstruktivis dimana siswa dikatakan memahami jika mereka membangun makna dari pengalaman mereka dengan membuat koneksi kognitif antara pengalaman baru serta pemahaman matematika mereka sebelumnya, tidak sekadar menghafal rumus/dalil.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Darmayanti, N. ., Manurung, K. S. B. ., Hasibuan, H. ., Puspita, S. ., Ginting, M. F. S. ., & Harahap, M. A. . (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3388–3395. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11539