Upaya Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui Bermain Sirkuit pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11501Abstract
Permainan sirkuit bagus untuk pengembangan keterampilan motorik kasar seperti permainan ini memiliki unsur latihan sirkuit. Morgan dkk, (2015) menyatakan bahwa circuit training atau permainan adalah metode pelatihan di mana ada praktik memiliki banyak kegunaan situasi yang berbeda, sebagai tuntutan kebugaran, serta mampu lakukan kapan saja, di mana saja. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Clasroom Action Research) memiliki peranan yang sangat penting dan strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila diimplemantasikan dengan baik dan benar. Hasil kecerdasan majemuk anak setelah menggunakan penerapan permainan sirkuit lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan penerapan permainan sirkuit yang dilakukan pada kelas kontrol. Peningkatan hasil kecerdasan majemuk anak dengan menggunalkan permainan sirkuit adalah Peningkatan kecerdasan majemuk pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 45% sedangkan pada siklus II terjadi 77%. Dengan demikian, sudah tidak ada lagi anak yang berkategori belum berkembang (BB) dalam pengembangan kecerdasan majemuk.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Sit, M. ., Nst, N. T. ., Nisa, K. ., Turtati, A. ., Maghfiroh, N. L. ., Rangkuti, H. ., & Syahputri, N. . (2023). Upaya Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui Bermain Sirkuit pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3225–3230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11501
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Masganti Sit, Nabila Thifali Nst, Khairun Nisa, Anis Turtati, Novi Laila Maghfiroh, Hanifah Rangkuti, Nury Syahputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).