Upaya Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui Bermain Sirkuit pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Nabila Thifali Nst Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Khairun Nisa Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Anis Turtati Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Novi Laila Maghfiroh Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Hanifah Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Nury Syahputri Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11501

Abstract

Permainan sirkuit bagus untuk pengembangan keterampilan motorik kasar seperti permainan ini memiliki unsur latihan sirkuit. Morgan dkk, (2015) menyatakan bahwa circuit training atau permainan  adalah metode pelatihan di mana ada praktik memiliki banyak kegunaan situasi yang berbeda, sebagai tuntutan kebugaran, serta mampu lakukan kapan saja, di mana saja. Penelitian ini termasuk penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Clasroom Action Research) memiliki peranan yang sangat penting dan strategi untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila diimplemantasikan dengan baik dan benar. Hasil kecerdasan majemuk anak setelah menggunakan penerapan permainan sirkuit lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan penerapan permainan sirkuit yang dilakukan pada kelas kontrol. Peningkatan hasil kecerdasan majemuk anak dengan menggunalkan permainan sirkuit adalah Peningkatan kecerdasan majemuk pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 45% sedangkan pada siklus II terjadi 77%. Dengan demikian, sudah tidak ada lagi anak yang berkategori belum berkembang (BB) dalam pengembangan kecerdasan majemuk.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Sit, M. ., Nst, N. T. ., Nisa, K. ., Turtati, A. ., Maghfiroh, N. L. ., Rangkuti, H. ., & Syahputri, N. . (2023). Upaya Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui Bermain Sirkuit pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3225–3230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11501