Efektivitas Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Kelas V UPTD SDN 5 Nagri Kaler

Authors

  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Septiani Panca Wardani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anis Khoirunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khaila Syanin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Faddyasinta Sahnabila Rahmadika Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11480

Abstract

Pembelajaran di era society 4.0 semakin berkembang terlebih persiapan untuk menuju era society 5.0. Posisi evaluasi pembelajaran IPA bagi siswa kelas V di SDN 5 Nagri Kaler cukup membutuhkan pengajaran yang inovatif untuk membuat siswa lebih tertarik pada pelajaran IPA. Salah satunya bisa dengan melakukan pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan untuk  siswa agar mereka terkesan saat belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan apakah aplikasi kahoot ini dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif atau tidak. Dengan tingkat pendidikan yang bisa dibilang rendah Indonesia perlu suatu terobosan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang telah ada. Dengan adanya penelitian ini kami berharap dapat meningkatkan pemahaman mengenai aplikasi kahoot sebagai media digital yang menarik untuk para siswa. Adapun metode yang dilaksanakan pada penelitian ini yaitu berupa metode kuantitatif yang menekankan pada data untuk melihat seberapa besar tingkat keberhasilan yang telah dicapai.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Rosmana, P. S. ., Iskandar, S. ., Wardani, S. P. ., Khoirunnisa, A. ., Syanin, K. ., & Rahmadika, F. S. . (2023). Efektivitas Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Kelas V UPTD SDN 5 Nagri Kaler. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3118–3125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11480

Most read articles by the same author(s)