Pengaruh Model Pembelajaran Studi Center pada Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas VI SD Negeri 5 Nagrikaler

Authors

  • Wina Mustikaati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • H. Agus Muharam [email protected]
  • Shavega Julia Robin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Septiani Panca Wardani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Khaila Syanin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta
  • Ashtiani Kholida Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11329

Abstract

Student center merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari pembelajaran dengan strategi pembelajaran Student-Centered Learning (SCL) . Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan penelitian observasi partisipasi pasif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas 4 UPTD SD Negeri 5 Nagri Kaler. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SCL ini memiliki dampak yang cukup baik yaitu, membuat para siswa lebih aktif dan bebas mengemukakan pendapat mereka. Adapun kelemahan dari metode SCL ini adalah ketika siswa tidak dapat bekerjasama maka rencana tidak dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Mustikaati, W. ., Muharam, H. A. ., Robin, S. J. ., Wardani, S. P. ., Syanin, K. ., & Kholida, A. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Studi Center pada Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas VI SD Negeri 5 Nagrikaler. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2369–2372. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11329