Pengaruh Penggunaan Media Microsoft Powerpoint Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 4 Nagrikaler

Authors

  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adela Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Giar Anugrah Pratama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nevi Septiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rofatannuroh Rofatannuroh Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11394

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membuat file Microsoft PowerPoint interaktif dianggap sebagai sebuah sarana yang tepat pada sebuah pembelajaran tematik siswa kelas lima Sekolah Dasar. Kelayakan memiliki arti penelitian ini diharapkan dapat membentuk suatu produk yang bisa digunakan pada pembelajaran tematik siswa kelas lima Sekolah Dasar. Hasil dari produk tadi ditujukan untuk lingkungan belajar yang fleksibel. Penelitian ini ialah sebuah jenis penelitian serta pengembangan berdasarkan contoh model yang dikembangkan oleh ahli yang bernama Borg dan Gall. Studi ini dilakukan pada langkah-langkah seperti berikut: Tinjauan Pendahuluan, Desain, Pengembangan Outline Produk Media, Validasi, Pengujian Kelompok Kecil, revisi II. Ahli materi dan pakar media memvalidasi media yang dikembangkan sebelum diujicoba secara eksklusif di sekolah. Subyek berasal dari siswa SDN 4 NAGRIKALER Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Eksperimen dilakukan untuk semua siswa kelas lima untuk pengujian kelompok. Observasi tidak terstruktur, wawancara tak terstruktur dan post-test-pre-test (validasi sang pakar ahli materi, validasi sang pakar media serta uji produk) digunakan untuk pengumpulan data. Berdasarkan yang akan terjadi, pembelajaran topik PowerPoint interaktif yang dikemas dalam sebuah CD interaktif diklaim layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran topik Subtopik 2 Topik 3 peserta didik kelas lima Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Rosmana, P. S. ., Iskandar, S., Fauziah, . A. ., Pratama, G. A. ., Septiani, . N. ., & Rofatannuroh, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Microsoft Powerpoint Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 4 Nagrikaler. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2726–2730. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11394

Most read articles by the same author(s)