Kajian Tentang Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Proses Pembelajaran IPS Pada SD

Authors

  • Hasna Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lara Sati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yona Wahyuningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11476

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat dengan terus berkembangnya proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar tidak hanya bersifat satu arah dari guru saja, tetapi menuntut siswa untuk lebih berpartisipasi aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Akan tetapi, tidak sedikit pendidik yang masih melakukan kegiatan belajar mengajar hanya satu arah, sehingga para peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Banyak peserta didik yang masih menganggap bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan yang membosankan. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dipilih pendidik dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran. Terkait permasalahan tersebut maka penulis melakukan Kajian Tentang Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Proses Pembelajaran IPS pada SD. Dapat dilihat bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS pada SD karena kegiatan pembelajarannya bervariatif.

Author Biography

Tin Rustini, Universitas Pendidikan Indonesia

   

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Salsabila, H. ., Sati, L. ., Rustini, T. ., & Wahyuningsih, Y. . (2023). Kajian Tentang Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Proses Pembelajaran IPS Pada SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3104–3109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11476

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2