Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP UGN Padangsidimpuan

Authors

  • Sri Utami kholilla Mora Siregar Universitas Graha Nusanatara Padangsidimpuan
  • Rini Kesuma Siregar Universitas Graha Nusanatara Padangsidimpuan
  • Rosni Harahap Universitas Graha Nusanatara Padangsidimpuan
  • Nova Christina Dewi Universitas Graha Nusanatara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4174

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peningkatakan motivasi belajar mahasiswa melalui pembelajaran PAIKEM yang diterapkan kepada mahasiswa semester lima Pada Mata Kuliah Strategi Inovasi dan Pembelajaran jurusan fisika, bahasa inggris dan matematika FKIP UGN Padangsidimpuan.Tekhnik penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan menyebarkan angket kepada masing-masing mahasiswa semester lima prodi pendidikan fisika, bahasa inggris dan matematika, dan mengamati keadaan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung  serta melakukan refleksi pada tiap diakhir pembelajaran.Penerapan model PAIKEM ini memperoleh hasil penelitian dari jawaban masing-masing angket mahasiswa. Dari data yang didapat dosen dari masing-masing jawaban mahasiswa maka diperoleh sebanyak 28 mahasiswa menjawab SS, menjawab S sebanyak 28 mahasiswa, menjawab  RR sebanyak 18 mahasiswa, menjawab TS sebanyak 6 mahasiswa dan menjawab STS sebanyak 3 mahasiswa.Penelitian ini dinyatakan berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan model PAIKEM pada mata kuliah strategi inovasi pembelajaran mahasiswa semester lima mahasiswa fisika, mahasiswa bahasa inggris dan mahasiswa matematika FKIP UGN Padangsidimpuan.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Mora Siregar, . S. U. kholilla ., Siregar, R. K. ., Harahap, R., & Dewi, N. C. . (2022). Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP UGN Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 470–479. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4174