Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP UGN Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4174Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peningkatakan motivasi belajar mahasiswa melalui pembelajaran PAIKEM yang diterapkan kepada mahasiswa semester lima Pada Mata Kuliah Strategi Inovasi dan Pembelajaran jurusan fisika, bahasa inggris dan matematika FKIP UGN Padangsidimpuan.Tekhnik penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dan pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan menyebarkan angket kepada masing-masing mahasiswa semester lima prodi pendidikan fisika, bahasa inggris dan matematika, dan mengamati keadaan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung serta melakukan refleksi pada tiap diakhir pembelajaran.Penerapan model PAIKEM ini memperoleh hasil penelitian dari jawaban masing-masing angket mahasiswa. Dari data yang didapat dosen dari masing-masing jawaban mahasiswa maka diperoleh sebanyak 28 mahasiswa menjawab SS, menjawab S sebanyak 28 mahasiswa, menjawab RR sebanyak 18 mahasiswa, menjawab TS sebanyak 6 mahasiswa dan menjawab STS sebanyak 3 mahasiswa.Penelitian ini dinyatakan berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan model PAIKEM pada mata kuliah strategi inovasi pembelajaran mahasiswa semester lima mahasiswa fisika, mahasiswa bahasa inggris dan mahasiswa matematika FKIP UGN Padangsidimpuan.Downloads
Published
2022-04-26
How to Cite
Mora Siregar, . S. U. kholilla ., Siregar, R. K. ., Harahap, R., & Dewi, N. C. . (2022). Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa FKIP UGN Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 470–479. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4174
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Utami kholilla Mora Siregar, Rini Kesuma Siregar, Rosni Harahap, Nova Christina Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).