Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Matahari Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.11377Abstract
Penelitian ini tujuannya supaya mengetahui pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pada anak usia 4-5 Tahun di TK Matahari Palembang. Lokasi penelitian dilaksanakan di TK Matahari Palembang dimana alamatnya di Jl. Seduduk Putih Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anak PAUD kelompok B, yakni 33 anak dan sampel penelitiannya yaitu 12 anak pada kelompok B1. Penelitian menggunakan metode Pra-Experimental lewat jenis One-Group Pretest-Posttest Design.Hasil penelitian dan pembahasannya dimana sudah dipaparkan oleh peneliti tentang “Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Matahari Palembang” dapat disimpulkan bahwa: menurut uraian sebelumnya, adalah mungkin untuk menegaskan dan menunjukkan hal itu ada pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca anak. Didalam penelitian ini memakai instrumen penelitian berupa observasi tujuannya supaya mengetahui nilai rata-rata prettest dan posttest. Adapun nilai rata-rata posttest kemampuan membaca anak kelas 77,25 (sesuai) sedangkan nilai rata- rata prestest 36,167 (tidak sesuai). Hal ini dikarenakan kegiatan buku cerita bergambar memberi pengaruh yang baik didalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Matahari Palembang. Dan menguji spekulasi dari hasil estimasi uji-t di atas, didapatkan nilai thitung > ttabel atau 13,721 > 2,201 berarti tolak Ho dan diterima Ha, maka hasil hipotesis penelitian ini berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan buku cerita bergambar mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di TK Matahari PalembangDownloads
Published
2023-03-02
How to Cite
Samosir, G. M., Darmawani, E. ., & Novianti, R. . (2023). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Matahari Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 59–66. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.11377
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Grace Marthauly Samosir, Evia Darmawani, Rahmah Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).