Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Karang Setia 01

Authors

  • Agus Muharam Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Wina Mustikaati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Nita Melia Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Nur Fitri Halimah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Rina Rohimah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11398

Abstract

Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN Karang Setia 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari observasi proses pembelajaran tematik terpadu menurut model Think Pair Share (TPS) di kelas IV meliputi kinerja dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share adalah model pembelajaran yang dapat mendorong mereka untuk lebih dinamis dan interaktif dalam belajar serta saling membantu. Salah satu pendekatan pembelajaran integratif (integrated instruction) adalah sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individu maupun kelompok, untuk secara aktif mengeksplorasi dan mengidentifikasi konsep dan prinsip ilmiah secara tepat waktu, komprehensif, bermakna dan otentik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Muharam, . A. ., Mustikaati, W. ., Melia, N. ., Halimah, N. F. ., & Rohimah, R. . (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Karang Setia 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2741–2745. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11398