Analisis Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11134Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur. Hasil penelitian yang dianalisis terdapat 3 artikel yang membahas tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Hasil analisis dari pengelolaan kelas tahapannya sesuai dengan pendapat ahli yaitu membuka kegiatan pembelajaran melalui apersepsi, menjelaskan program pembelajaran yang harus dilakukan siswa, mengorganisasikan pelaksanaa kegiatan belajar siswa, menyajikan bahan belajar sesuai pendekatan, memotivasi peserta didik, melakukan penyesuaian kegiatan belajar siswa agar lebih menyenangkan. Analisis motivasi belajar indikatornya yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pengelolaan kelas yang baik berhubungan dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar.Downloads
Published
2023-01-07
How to Cite
dwitama, D. bintang darma putra ., hasibuan, eunike gracella efrata ., zahara, F. ., munthe, M. sari eklesia ., Juniza, P. ., arianda, febri tri ., & damayanti, nadia . (2023). Analisis Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1215–1218. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11134
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dimas bintang darma putra dwitama, eunike gracella efrata hasibuan, Fatimah zahara , Mayang sari eklesia munthe , Peno Juniza , febri tri arianda, , nadia damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).