Analisis Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Dimas bintang darma putra dwitama Universitas Jambi
  • eunike gracella efrata hasibuan Universitas Jambi
  • Fatimah zahara Universitas Jambi
  • Mayang sari eklesia munthe Universitas Jambi
  • Peno Juniza Universitas Jambi
  • febri tri arianda Universitas Jambi
  • nadia damayanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11134

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur tentang hubungan pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur. Hasil penelitian yang dianalisis terdapat 3 artikel yang membahas tentang pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Hasil analisis dari pengelolaan kelas tahapannya sesuai dengan pendapat ahli yaitu membuka kegiatan pembelajaran melalui apersepsi, menjelaskan program pembelajaran yang harus dilakukan siswa, mengorganisasikan pelaksanaa kegiatan belajar siswa, menyajikan bahan belajar sesuai pendekatan, memotivasi peserta didik, melakukan penyesuaian kegiatan belajar siswa agar lebih menyenangkan. Analisis motivasi belajar indikatornya yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pengelolaan kelas yang baik berhubungan dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar.

Author Biography

Mayang sari eklesia munthe, Universitas Jambi

   

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

dwitama, D. bintang darma putra ., hasibuan, eunike gracella efrata ., zahara, F. ., munthe, M. sari eklesia ., Juniza, P. ., arianda, febri tri ., & damayanti, nadia . (2023). Analisis Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1215–1218. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11134