Manajemen pengelolaan kelas
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10265Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data penelitian dari berbagai sumber yang terakreditasi. Data-data yang telah terkumpul ditinjau ulang kembali dan dianalisis untuk mengambil kesimpulan dan melengkapi penelitian. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan kelas yang baik, dengan pengelolaan kelas yang baik maka keberhasilan pembelajaran di kelas dapat tercapai sehingga akan meningkatkan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan hal yang penting bagi suatu negara untuk menjadi negara maju, kuat, makmur dan sejahtera. Upaya peningkatan yg kualitas sumber daya manusia tidak bisa terpisah dengan masalah pendidikan bangsa. Tiga syarat utama yang harus diperhatikan dalam pembangunan pendidikan agar dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yakni: (1) sarana gedung, (2) buku yang berkualitas, (3) guru dan tenaga kependidikan yang yang professional. Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas. Kegiatan mengajar pada hakikatnya adalah proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa. Semua komponen pengajaran yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, metode, alat dan sumber, serta evaluasi diperankan secara optimal guna mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan sebelum pengajaran dilaksanakan.Pengelolaan kelas tidak hanya berupa pengaturan kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Misalnya memberi penguatan, mengembangkan hubungan guru dengan siswa dan membuat aturan kelompok yang produktif. Di kelaslah segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya. Kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasanya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh sebab itu sudah selayaknyalah kelas dikelola dengan baik, professional, dan harus terus-menerus.Downloads
Published
2022-12-15
How to Cite
Dwitama, D. B. D. P. ., Juniza, P. ., & Arianda, F. T. . (2022). Manajemen pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11404–11411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10265
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dimas Bintang Darma Putra Dwitama, Peno Juniza, Febri Tri Arianda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).