Manajemen pengelolaan kelas

Authors

  • Dimas Bintang Darma Putra Dwitama Universitas Jambi
  • Peno Juniza Universitas Jambi
  • Febri Tri Arianda Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10265

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data penelitian dari berbagai sumber yang terakreditasi. Data-data yang telah terkumpul ditinjau ulang kembali dan dianalisis untuk mengambil kesimpulan dan melengkapi penelitian. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui  bagaimana manajemen pengelolaan kelas yang baik, dengan pengelolaan kelas yang baik maka keberhasilan pembelajaran di kelas dapat tercapai sehingga akan meningkatkan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan hal yang penting bagi suatu negara untuk menjadi negara maju, kuat, makmur dan sejahtera. Upaya peningkatan yg kualitas sumber daya manusia tidak bisa terpisah dengan masalah pendidikan bangsa. Tiga syarat utama yang harus diperhatikan dalam pembangunan pendidikan agar dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yakni:  (1) sarana gedung,  (2) buku yang berkualitas,  (3) guru dan tenaga kependidikan yang yang professional. Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas. Kegiatan mengajar pada hakikatnya adalah proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa. Semua komponen pengajaran yang meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar-mengajar, metode, alat dan sumber, serta evaluasi diperankan secara optimal guna mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan sebelum pengajaran dilaksanakan.Pengelolaan kelas tidak hanya berupa pengaturan kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Misalnya memberi penguatan, mengembangkan hubungan guru dengan siswa dan membuat aturan kelompok yang produktif. Di kelaslah segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya. Kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasanya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Oleh sebab itu sudah selayaknyalah kelas dikelola dengan baik, professional, dan harus terus-menerus.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Dwitama, D. B. D. P. ., Juniza, P. ., & Arianda, F. T. . (2022). Manajemen pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11404–11411. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10265

Most read articles by the same author(s)