Pengembangan Sistem Pendidikan Karakter pada Sistem Pendidikan Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10938Abstract
Pengembangan sistem pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan sistem pendidikan moral yang dimana tujuannya adalah untuk melatih dan membentuk kemampuan setiap individu secara terus menerus agar kearah hidup yang lebih baik lagi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sistem pendidikan karakter pada sistem pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Untuk melengkapi dan memperkaya data/informasi yang diperoleh melaluiwawancara mendalam, peneliti menggali data/informasi dengan melakukan observasi danstudi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan sistem pendidikan karakter pada sistem pendidikan dasar melibatkan seluruh warga peserta didik baik kepala madrasah, para guru, orang tua, maupun peserta didik dengan memprioritaskan nilai-nilai dalam penguatan karakter dimadrasah untuk dilakukan, juga harus bisa memberikan contoh atau menjadi model yang baik untuk paratenaga pendidik yang berada di lingkungan madrasah tersebut sertamelakukan pendekatan secara langsung dengan masyarakat. Hal yang perlu diperhatikan dalam penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Sal-Ridho yaitu, sikap, akhlak, serta perilaku seorang guru terhadap peserta didik, menanakan nilai tanggung jawab dan rasa peduli, membangun kebersamaan dan empati.Downloads
Published
2023-01-07
How to Cite
Azizi, . A. R. ., Nasution, . F. ., Ajrina, N. ., & Fatimah, T. . (2023). Pengembangan Sistem Pendidikan Karakter pada Sistem Pendidikan Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1165–1171. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10938
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Raihan Azizi, Fitriani Nasution, Nadhilah Ajrina, Tri Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).