Pengembangan Sistem Pendidikan Karakter pada Sistem Pendidikan Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis

Authors

  • Ahmad Raihan Azizi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitriani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadhilah Ajrina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Fatimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10938

Abstract

Pengembangan sistem pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan sistem pendidikan moral yang dimana tujuannya adalah untuk melatih dan membentuk kemampuan setiap individu secara terus menerus agar kearah hidup yang lebih baik lagi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sistem pendidikan karakter pada sistem pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.Untuk melengkapi dan memperkaya data/informasi yang diperoleh melaluiwawancara mendalam, peneliti menggali data/informasi dengan melakukan observasi danstudi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan sistem pendidikan karakter pada sistem pendidikan dasar melibatkan seluruh warga peserta didik baik kepala madrasah, para guru, orang tua, maupun peserta didik dengan memprioritaskan nilai-nilai dalam penguatan karakter dimadrasah untuk dilakukan, juga harus bisa memberikan contoh atau menjadi model yang baik untuk paratenaga pendidik yang berada di lingkungan madrasah tersebut sertamelakukan pendekatan secara langsung dengan masyarakat. Hal yang perlu diperhatikan dalam penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Sal-Ridho yaitu, sikap, akhlak, serta perilaku seorang guru terhadap peserta didik, menanakan nilai tanggung jawab dan rasa peduli, membangun kebersamaan dan empati.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Azizi, . A. R. ., Nasution, . F. ., Ajrina, N. ., & Fatimah, T. . (2023). Pengembangan Sistem Pendidikan Karakter pada Sistem Pendidikan Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Hikmatul Salridho Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1165–1171. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10938

Most read articles by the same author(s)