Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas Efektif oleh Guru Di Sekolah Menengah Atas Jakarta

Authors

  • Mega Jiunistari Universitas Kristen Indonesia
  • Bintang R. Simbolon Universitas Kristen Indonesia
  • Dameria Sinaga Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10762

Abstract

Studi ini mengkaji persepsi siswa tentang pengelolaan kelas yang efektif oleh guru di sekolah menengah atas. Studi kasus di Jakarta. Karena faktor waktu dan sumber daya, studi ini dibatasi dengan memilih lima sekolah menengah atas di Jakarta, penelitian ini mengadopsi metode penelitian deskriptif survei desain studi di mana kuesioner diri dirancang dan didistribusikan. Sampel penelitian meliputi 367 sampel siswa di sekolah yang dipilih. Data dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi dengan perhitungan rata-rata, sementara pada akhirnya penelitian ini merekomendasikan bahwa, guru perlu memperlihatkan keterampilan yang berbeda dalam pengelolaan kelas, melalui pelatihan in-services, seminar konferensi dan lainnya. Hak prerogatif sekolah harus disediakan di mana guru dapat mempengaruhi praktik manajemen kelas yang tepat tanpa hambatan. Harus ada umpan balik pada setiap aspek evaluasi guru, ini akan memungkinkan guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam mengelola kelas.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Jiunistari, M. ., Simbolon, B. R. ., & Sinaga, D. . (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas Efektif oleh Guru Di Sekolah Menengah Atas Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13254–13260. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10762