Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan

Authors

  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau
  • Yenda Puspita STAI Al-Kifayah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10622

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa, Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model problem based learning siswa kelas III SD Negari 06 Kerawang Barat. Penelitian ini merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  yang  dilaksanakan  dengan  2  Siklus  yang  terdiri  atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah anak III SD Negari 06 Kerawang Barat, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pemberian  tugas  dalam  kegiatan  inti,  guna  untuk  mendapatkan  informasi  tentang  keaktifan  siswa dalam  mengikuti  proses  belajar  mengajar dan melihat hasil belajar matematika materi pecahan. Hasil belajar matematika materi pecahan dikatakan meningkat hal ini dapat dilihat hasil siklus II terjadi peningkatan sebesar 81,81 %. Kenaikan ini dikarenakan adanya perubahan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan belajar lebih aktif dalam bekerja sama. Serta meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Lingga, L. J. ., & Puspita, Y. . (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12841–12847. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10622