Implementasi Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemulihan Pembelajaran Pasca Covid-19

Authors

  • Semiono Raharjo Guru Fisika, SMAN 1 Piyungan
  • Edi Istiyono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sugeng Bayu Wahyono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yenda Puspita Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11274

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pasca Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan hasil belajar fisika, 2) memulihkan pembelajaran, dan 3) mengetahui keterlaksanaan implementasi PjBL pasca Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan yang terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Piyungan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian kelas XI MIPA-3 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Jenis data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data kualitatif berupa hasil observasi. Analisis data menggunakan Microsoft Excel dan uji statistik menggunakan JASP yaitu uji-t parametrik sampel berpasangan atau uji-t dependen untuk melihat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) implementasi PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa  dengan rerata hasil belajar pada siklus I sebesar 78,333 dan rerata hasil belajar pada siklus II sebesar 80,000, 2) pembelajaran dengan model PjBL dapat memulihkan pembelajaran fisika pada materi termodinamika dan pemanasan global, dan 3) implementasi PjBL pasca Covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan lancar menggunakan 6 sintaks pembelajaran yaitu penentuan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor siswa dan kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Raharjo, S. ., Istiyono, E. ., Wahyono, S. B. ., & Puspita, Y. . (2023). Implementasi Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemulihan Pembelajaran Pasca Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2097–2108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11274