Model Quantum Learning Menggunakan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Azzura

Authors

  • Reni Nasrianti STAI Al-Kifayah Riau
  • Yenda Puspita STAI Al-Kifayah Riau
  • Waldi Saputra STAI Al-Kifayah Riau
  • Zalisman Zalisman STAI Al-Kifayah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10841

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi  diri siswa dalam kegiatan pembelajaran disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan selama ini dianggap tidak menarik  dan terasa membosankan dalam proses belajar. Para guru kurang peka terhadap kebutuhan para pelajar nya, sehingga mereka tidak bisa memberikan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan. Maka salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah Quantum Learning  yang menerapkan pembelajaran dengan bantuan media video. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran IPS. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.  Penelitian dilakukan di SMP Azzura Pekanbaru dengan subjek penelitiannya adalah Siswa kelas VII. Data dikumpulkan  melalui tekhnik wawancara. Kesimpulan dari sebuah hasil penelitian ini yaitu penerapan model quantum learning  dengan media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Nasrianti, R. ., Puspita, Y. ., Saputra, W. ., & Zalisman, Z. (2023). Model Quantum Learning Menggunakan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Azzura. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 50–56. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10841