Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di SDN 21 Rambutan

Authors

  • Mila Sintia Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 21 Rambutan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 21 Rambutan yang berjumlah 26 siswa, berdasarkan perhitungan pengolahan data dengan uji normalitas dengan hasil posttest kelas kontrol 2,2782744, sedangkan di kelas eksperimen 3,306763. Uji homogenitas dapat diperoleh data varians yaitu, Fhitung 0,897314 dengan Ftabel 2,084189. Dengan hal ini Fhitung 0,897314 ? Ftabel 2,084189 maka Ho diterima sehingga data varians tersebut homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis (uji-t) dengan data hasil perhitungan Thitung 2,1338 > Ttabel 1, 68195 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 21 Rambutan.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Sintia, . M., Destiniar, D., & Noviati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di SDN 21 Rambutan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12521–12526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10472