Using Mobile Application For English Learning

Authors

  • Evi Rosmiyati Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang
  • Hermasnyah Hermasnyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa SMA Ethika Palembang dengan menggunakan aplikasi cake. Penulis menerapkan metode pra-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Ethika Palembang tahun ajaran 2022/2023. Sampelnya adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel. Penulis menggunakan tes dan angket untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan siswa memiliki nilai yang buruk pada pre-test. Setelah perawatan, kemampuan mendengarkan mereka meningkat secara signifikan. Terlihat dari skor mereka yang berubah menjadi bagus. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi cake efektif untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa. Data dari angket menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap penerapan penggunaan aplikasi cake. Berdasarkan hasil uji-t, penelitian menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dari nilai signifikansi penelitian (sig 0,000 < p 0,05), berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Rosmiyati, . E. ., Noviati, N., & Hermasnyah, . H. (2023). Using Mobile Application For English Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 844–848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12976

Most read articles by the same author(s)