Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd N 245 Palembang

Authors

  • Shinta Agustina Wati Universitas PGRI Palembang
  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi antara Guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 245 Palembang. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara komunikasi guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Rata-rata persentase komunikasi guru dan siswa sebesar 82,40% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 82,90 kategori baik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan persamaan garis regresinya ? = 29,448 + 0,559 X. Hasil analisis varians regresinya diperoleh nilai Freg sebesar 19,57, kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 4,105 karena Freg>Ftabel maka persamaan garis regresi tersebut menunjukkan signifikan. Hal ini berarti Hipotesis (Ha) menyatakan “Ada pengaruh komunikasi antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 245 Palembang” diterima.

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Shinta Agustina Wati, Tanzimah, T., & Noviati, N. (2023). Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd N 245 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 387–391. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12425

Most read articles by the same author(s)